Tips Merawat Balita Agar Tidak Mudah Sakit

Kesehatan balita merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan bagi orang tua. Jika si kecil sakit biasanya itu menjadi hal yang sedih bagi orang tua. Balita biasanya lebih mudah sakit dibandingkan dengan orang dewasa. Karena sistem kekebalan tubuhnya masih rentan terhadap penyakit dengan sistem imun yang belum sempurna seperti orang dewasa. Biasanya sedari balita orang tua mengambil jalan melakukan imunisasi anak, untuk menjaga kekebalan sistem imun yang kuat bagi si kecil.

Pentingnya Imunisasi Bagi Balita

Imunisasi merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan beberapa kali oleh si kecil untuk melindunginya dari ancaman penyakit. Imunisasi bertujuan untuk meningkatkan pembentukan antibodi dan memperkuat kerja sistem imun dalam melawan penyakit seperti bakteri, virus, kuman, jamur dan lainnya yang berbahaya bagi si kecil.

Apabila sejak balita atau masih anak-anak tidak diberikan imunisasi, maka tubuh mereka tidak memiliki sistem pertahanan khusus yang bisa mendeteksi jenis-jenis penyakit berbahaya. Tanpa melakukan imunisasi atau vaksinasi, balita akan lebih berisiko tertular penyakit, bahkan hingga mengalami komplikasi dan risiko yang lebih tinggi. Selain imunisasi anak, banyak cara lain yang juga harus dilakukan oleh orang tua agar si kecil tidak mudah sakit.

Cara Merawat Balita Agar Tidak Mudah Sakit

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya dapat tumbuh sehat. Namun saat ini banyak virus dan penyakit lain yang mudah menyerang anak kecil atau balita. Sehingga, agar anak dapat tumbuh dengan sehat maka dilakukan perawatan yang rutin agar balita tidak mudah sakit. Di bawah ini merupakan 8 cara merawat balita agar tidak mudah sakit :

  • Menjaga kebersihan dan hindari kebiasaan memegang wajah

Kebersihan merupakan hal penting yang harus perhatikan oleh orang tua agar si kecil tetap sehat. Dengan rutin melakukan hal-hal kecil seperti mencuci kaki, tangan serta mandi, tentunya si kecil dapat terhindar dari serangan penyakit. Karena virus dan kuman mudah menempel dimana saja dan juga kasat mata. Oleh karena itu hal tersebut perlu diperhatikan oleh orang tua. Kemudian kuman, virus dan penyakit lain biasanya lebih mudah masuk melalui wajah seperti hidung, mata dan mulut. Maka, hal yang perlu dilakukan kepada si kecil yaitu jangan terlalu sering memegang wajah.

  • Aktif setiap hari dan istirahat yang cukup

Anak kecil atau balita merupakan masa dimana daya keingintahuannya tinggi serta lebih banyak kegiatan-kegiatan yang si kecil lakukan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Dengan memperkenalkan si kecil untuk bermain di luar ruangan tentunya akan lebih banyak lagi virus dan penyakit yang dapat menyerang. Tetapi apabila si kecil aktif, hal tersebut tentunya dapat dengan mudah melawan virus dan penyakit lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Dengan aktif disiang hari, dapat membuat lelah si kecil. Oleh karena itu seorang balita juga membutuhkan waktu untuk istirahat yang cukup bagi kesehatannya. Rata-rata seorang balita membutuhkan waktu tidur sekitar 11-13 jam sehari.

  • Memberikan imunisasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa imunisasi anak merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk merawat si kecil tetap sehat. Dengan rutin memberikan program imunisasi dan vaksin kepada si kecil tentunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Hal tersebut dilakukan agar balita dapat terjaga kesehatannya.

  • Memberikan makanan yang sehat dan bergizi

Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh si kecil, tentunya harus diimbangi dengan makanan yang sehat dan bergizi. Karena makanan yang sehat dapat meningkatkan kekebalan tubuh si kecil. Hal mudah yang dapat bunda berikan kepada si kecil yaitu seperti memberi makanan sayur-sayuran, serta buah-buahan yang kaya akan vitamin. Seorang ibu juga harus mencermati menu makanan yang diberikan seperti pemberian konsumsi gula dan garam yang perlu diperhatikan.

  • Jauhkan dari paparan asap rokok serta polusi

Orang tua perokok juga harus sadar, ketika hendak merokok baiknya jauh dari jangkauan balita. Rendahnya tingkat kualitas udara akibat rokok dan juga polusi tentunya dapat mempengaruhi kesehatan si kecil. Usahakan si kecil dapat menghirup udara yang segar dan bebas dari asap rokok.

  • Mengajak si kecil untuk periksa ke dokter

Ajak si kecil untuk periksa ke dokter, serta jangan sungkan untuk berkonsultasi kepada dokter ketika mendapatkan keluhan pada anak. Karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil. Tujuan rutin melakukan periksa ke dokter yaitu agar perkembangan si kecil tetap terkontrol dan terpantau oleh orang tua. Tidak hanya melakukan sebagian kecil perawatan pada balita, seperti melakukan imunisasi anak, tetapi orang tua juga dituntut dapat melakukan hal-hal sehat lainnya yang penting bagi kesehatan si kecil. Selain kita sendiri sebagai orang tua yang melakukan hal tersebut,  tentunya kita juga perlu mengajarkan hal-hal sehat lainnya agar si kecil tetap menjaga kesehatannya walau dengan pantauan orang tua.