Tips Berolahraga Ringan buat Kamu yang Cuma Punya Waktu Luang Singkat

Tubuh sehat adalah hal yang paling didambakan oleh mereka yang terbaring lemah di ranjang karena sakit. Banyak orang yang tidak menyadari betapa berharganya kesehatan sampai sakit menghantam tubuh mereka. Maka dari itu,  selagi kita masih diberikan kesehatan, kita harus menjaganya dengan baik agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari berbagai jenis penyakit. Salah satu cara yang paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh selain menjaga pola makan sehat adalah olahraga secara teratur.

Permasalahan Saat Akan Berolahraga

Olahraga memang salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, tidak semua orang menyadarinya sehingga tak sedikit dari mereka yang memiliki banyak alasan untuk menghindarinya. Salah satunya adalah dengan alasan sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk melakukan olahraga setiap hari. Kesibukan dan banyaknya jadwal kegiatan yang harus dilakukan sering menjadi alasan dan kendala utama melewatkan olahraga yang penting. Bagaimana cara mengatasinya?

Tips Berolahraga di Tengah Jadwal yang Padat

Menjadi hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, olahraga memang tidak seharusnya kita lewatkan begitu saja. Sepadat apa pun jadwal dan kegiatan yang harus kita lakukan, kita harus tetap menyempatkan diri untuk melakukan olahraga meskipun hanya beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan imun tubuh. terlebih dengan banyaknya hal yang harus dilakukan, tubuh kita haruslah dalam kondisi yang sehat dan bertenaga. Berikut ini beberapa tips sehat yang bisa dilakukan untuk tetap bisa melakukan olahraga meskipun kita tidak memiliki waktu yang cukup setiap harinya.

  1. Bangun lebih pagi untuk jogging

Jogging adalah olahraga yang tak membutuhkan alat apa pun untuk melakukannya. Kita hanya membutuhkan niat yang teguh untuk melakukannya setiap beberapa minggu sekali. Ya, tak perlu melakukannya setiap hari. Kita bisa melakukannya 2 atau 3 minggu sekali setiap pagi atau sore tergantung dari waktu luang kita. Jika kita berangkat kantor pukul setengah 8 pagi, maka bangun setengah 6 dan melakukan jogging keliling kompleks rumah selama 30 menit tidak akan mengganggu waktu berangkat kita. Jogging juga merupakan olahraga yang tak membutuhkan keahlian apa pun karena bisa dilakukan oleh semua orang.

  1. Skipping beberapa menit

Jika untuk melakukan jogging kita terlalu malas keluar rumah dan bangun pagi, skipping beberapa menit saat baru bangun pagi bisa dijadikan sebuah pilihan. Hanya membutuhkan skipping rope dan olahraga yang satu ini bisa dilakukan di dalam rumah. Melakukan skipping sekitar 15 menit sudah cukup membuat kita berkeringat di pagi hari. Namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, kita memang harus melakukannya dengan teratur.

  1. Work out

Beberapa jenis work out seperti push up, sit up dan squat juga bisa menjadi pilihan olahraga ketika kita tidak memiliki banyak waktu untuk melakukannya. Olahraga ini terbilang sangat simple karena tidak membutuhkan perlengkapan apa pun dan dapat dilakukan di mana saja, bahkan di dalam kamar. Melakukan work out juga tak perlu banyak dan lama, cukup melakukan 5 kali push up, sit up dan squat saja sudah cukup bisa membuat tubuh berkeringat.

  1. Memperbanyak jalan kaki

Waktu yang sangat sibuk untuk melakukan banyak hal memang sering kali menjadi kendala kita untuk melakukan olahraga setiap harinya. Namun kita masih bisa meningkatkan intensitas jalan kaki kita ketika kita tidak sempat berolahraga. Contohnya saja, jika memungkinkan, dibandingkan menggunakan lift saat akan menuju ruangan di kantor, lebih baik menggunakan tangga. Dengan demikian kita bisa melakukan kegiatan kantor sekaligus berolahraga.

  1. Stretching saat sedang diam

Sebagai pekerja kantor, kebanyakan waktu yang kita habiskan untuk bekerja adalah duduk diam di depan computer. Dalam keadaan demikian, tubuh kita akan diam selama berjam-jam dalam posisi yang sama. Hal tersebut tentu saja membuat badan kita pegal. Untuk menghindarinya, akan lebih baik jika kita melakukan stretching saat pekerjaan tidak mendesak. Akan jauh lebih baik jika kita bisa melakukannya setalah beberapa menit duduk diam. Contohnya saja setiap setengah jam sekali kita akan stretching dan menggerakkan tubuh saat bekerja. Hal tersebut sangat ampuh untuk menghindari pegal sehabis bekerja.