Rekomendasi Tips dan Panduan Masuk PKN Stan

Setiap tahunnya, jumlah pendaftar dari PKN STAN ini memang selalu menjadi yang terbanyak dibanding dengan perguruan tinggi kedinasan dan bahkan perguruan tinggi umum. Sesuai dengan data dari Panselnas MenPan bahwa jumlah pendaftar PKN STAN yang akan lolos sekitar 5 % dari total keseluruhan pendaftar. Dengan peminat yang begitu besar dan persaingan yang sangat ketat itu, kamu dituntut untuk dapat meraih nilai yang setinggi-tingginya supaya bisa lolos. Maka kebanyakan dari pendaftar sebelumnya telah mengikuti bimbel STAN terbaik untuk mempersiapkan tes nya.

Tips Cara Masuk PTN STAN yang benar

Cara untuk masuk PKN STAN merupakan cara yang harus betul-betul dipikirkan oleh setiap siswa yang ingin diterima di PKN STAN. Hal ini menjadi perhatian lebih karena untuk masuk sekolah tinggi tersebut bisa dikatakan bukan hal yang mudah. Untuk Anda yang betul-betul menginginkan untuk masuk PKN STAN, maka sebaiknya Anda mengikuti bimbel STAN terbaik supaya Anda lebih siap menghadapi tes saringan masuk PKN STAN. Berikut ini adalah tip-tip yang mungkin dapat membantu Anda untuk masuk PKN STAN dengan benar.

  1. Selalu Up Date Informasi

Anda harus rajin dengan sering membuka website PKN STAN terutama pada saat sudah mendekati tanggal pembukaan pendaftaran, jadi Anda dapat langsung mendaftar ketika pendaftaran telah dibuka. Hal tersebut penting karena persyaratan biasanya dapat diubah setiap tahunnya.

  1. Persiapkan data dan berkas yang diperlukan

Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan yang akan digunakan nantinya untuk melakukan pendaftaran untuk memenuhi persyaratan mengikuti ujian. Hal ini penting karena untuk mencegah panitia mendiskualifikasi Anda karena terkendala masalah administrasi.

  1. Ikut bimbel atau latihan soal-soal tes PKN STAN sebelumnya

Dengan bimbel maka akan mengasah kemampuan otak Anda. Jadi, Sebaiknya Anda mengikuti bimbel Stan terbaik terutama yang sudah berpengalaman tentang PKN STAN yang bisa mengasah kemampuan Anda. Selain itu Anda bisa latihan soal-soal atau mereview soal-soal latihan PKN STAN tahun sebelumnya supaya Anda terbiasa dengan soal ujian masuk PKN STAN.

  1. Menjaga Kesehatan

Selain mengikuti tes tertulis, Anda juga diwajibkan mengikuti tes kesehatan sehingga Anda diwajibkan juga untuk menjaga kesehatan, karena hal itu merupakan hal yang penting untuk Anda dalam proses tes seleksi masuk PKN STAN.

  1. Berdoa

Setelah Anda sudah mempersiapkan diri dengan persyaratan administrasi dan juga persiapan latihan-latihan soal, maka Anda juga harus mendekatkan diri kepada Tuhan dengan rajin berdoa untuk dapat meningkatkan keyakinan Anda.

Panduan Belajar Ujian Masuk PKN STAN

Selain tips-tips diatas yang perlu Anda persiapkan sebelum mengikuti tes seleksi masuk PKN STAN, disini kami akan mencoba mengulas sedikit gambaran tipe-tipe soal dalam USM STAN dan tips supaya mendapatkan nilai yang setinggi-tingginya. Dengan panduan belajar tentang ujian masuk PKN STAN ini, mungkin sedikit akan membantu Anda supaya lebih terbiasa dengan soal-soal ujian masuk PKN STAN ini. Berikut materi yang diujikan dalam Ujian Tertulis Masuk STAN 2019.

  1. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Total soal yang harus dikerjakan adalah 100 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit. Tipe soal nya dibagi menjadi 3 yaitu, Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TWK), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Masing-masing tipe soal tersebut harus diselesaikan secara tepat waktu dan juga dengan jawaban yang benar untuk mendapatkan hasil nilai yang maksimal.

  1. Tes Potensi Akademik (TPA)

Total soal dalam Tes Potensi akademik ini terdapat 45 soal yang harus selesai dalam waktu 40 menit.

  1. Tes Bahasa Inggris (TBI)

Soal dari tes Bahasa Inggris ini sekitar 30 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 20 menit.

Untuk TPA dan TIU Ujian Masuk STAN materinya hampir sama dan Anda dapat mempelajarinya sekali waktu. Berikut panduan belajarnya

  1. Panduan Belajar Kemampuan Verbal.
  • Sinonim, Antonim dan Kosa Kata

Dalam mengerjakan kosa kata, sinonim, dan antonym, memang ada beberapa  kesulitan dengan kosa kata yang akan muncul dengan tingkat kesulitannya yang tinggi. Akan tetapi Anda tak perlu menghafal kamus. Tips nya Anda mesti banyak membaca dari sumber bacaan dengan Bahasa Indonesia yang baik seperti Koran Kompas misalnya. Dengan banyak dan terbiasa membaca maka Anda akan menemukan kosa kata baru dan bisa cek di KBBI.

  • Analogi Kata

Dimana ada persesuaian diantara dua benda yang berlainan. Dan dari dua atau lebih kata diberikan pada sebuah soal. Dimana diminta untuk mencari pasangan kata yang memiliki hubungan yang sama di soal tersebut.

  • Bacaan

Dengan waktu yang terbatas, maka Anda bisa langsung membaca soal yang dituju misalkan ide pokok paragraph kedua, maka Anda langsung saja ke paragraph kedua untuk dapat menghemat waktu dan energi.

Pada pokoknya Anda diminta untuk sering-sering membaca dan berlatih soal-soal ujian masuk PKN STAN dengan mengumpulkan dari berbagai referensi soal-soal tahun-tahun sebelumnya. Akan lebih baiknya Anda bisa mengikuti bimbel stan terbaik yang sudah ada dan memang berpengalaman dibidang ini. Dengan demikian Anda akan lebih percaya diri dan tentunya sudah tidak bingung lagi mengenai tipe soal dari ujian masuk PKN STAN dan juga dapat mengetahui cara menjawabnya dengan benar untuk mendapatkan nilai yang maksimal.